VISI
Menjadi Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kejuruan yang unggul dalam Membentuk Lulusan yang berakhlaqul karimah, dan berprestasi di bidang IT dan desain busana islami dalam menghadapi dunia global
MISI
- Pengembangan secara berkelanjutan sebagai pusat pendidikan dan pelatihan kejuruan melalui peningkatan kwalitas pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana pendidikan, serta pengabdian kepada masyarakat”.
- Mewujudkan Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP) yang lengkap, relevan dengan kebutuhan, dan berwawasan regional dan nasional.
- Mewujudkan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan inovatif serta menyenangkan sehingga setiap siswa dapat mengembangkan diri secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki.
- Mewujudkan penilaian outentik pada ranah koqnitif, psikomotor dan afektif.
- Mewujudkan peningkatan prestasi kelulusan
- Menumbuhkembangkan budaya karakter bangsa.
- Mengembangkan potensi siswa dalam menggunakan IPTEK
- Mengembangkan kemampuan KIR, Lomba Ketrampilan Siswa yang kompetitif.
- Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih, dan nyaman.
- Mewujudkan fasilitas sekolah yang interaktif, relevan dan berbasis IT.
- Memiliki tenaga guru bersertifikasi profesional.
- Mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
- Menyelenggarakan manajemen berbasis sekolah.
- Menumbuhkan semangat budaya mutu secara intensif.
- Mewujudkan pengelolaan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar dan adil.
- Mengoptimalkan peran masyarakat dan membentuk jejaring dengan sekolah.
TUJUAN
- Melakukan kegiatan pendidikan kejuruan berbasis pesantren.
- Mengembangkan berbagai program keahlian kejuruan untuk memenuhi kebutuhan dunia industri dan masyarakat sesuai dengan perkembangan limu pengetahuan dan teknologi.
- Meningkatkan kualitas sumber daya manusia untuk mendukung dan mewujudkan sekolah yang unggul dan dipercaya oleh dunia industri dan masyarakat.
- Meningkatkan pelayanan pendidikan kepada customer (peserta didik, stakeholders pendidikan dan masyarakat luas).
- Menjalin dan mengembangkan hubungan kerjasama kemitraan dengan dunia usaha/ dunia industri serta masyarakat luas untuk kepentingan peningkatan kualitas pendidikan.
- Merintis dan mengembangkan unit-unit usaha sekolah untuk meningkatkan kompetensi peserta didik dan tenaga pendidik serta untuk menunjang kesejahteraan sekolah.
- Merintis dan menerapkan manajemen mutu pendidikan, untuk mengembangkan pendidikan kejuruan berbasis pesantren.
- Melaksanakan dan mengembangkan 8 standar pendidikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat yang berbasis pesantren.
STANDAR PENDIDIKAN
- Melakukan review kurikulum dan analisis konteks dan mendokumentasikan secara lengkap (Standar Isi).
- Semua kelas melaksanakan pendekatan “pembelajaran aktif” pada semua mata pelajaran (Standar Proses).
- Mengembangkan berbagai kegiatan dalam proses belajar di kelas berbasis pendidikan budaya dan karakter bangsa (SKL).
- Mewujudkan penilaian outentik pada kompetensi kognitif, psikomotor dan afektif sesuai karakteristik mata pelajaran (Standar Penilaian).
- Melaksanakan penilaian hasil belajar oleh pendidik, sekolah dan pemerintah (Standar Penilaian)
- Mewujudkan peningkatan prestasi lulusan.
- Menyiapkan lulusan yang mampu bersaing di Industri dan Dunia kerja, wirausaha, dan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi (SKL).
- Mengembangkan budaya sekolah yang bernuansa Industri dan Dunia kerja untuk mencapai tujuan pendidikan menengah kejuruan (Standar Pengelolaan).
- Menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan keagamaan yang menjadi bagian dari pendidikan budaya dan karakter bangsa (SKL)
- Mengembangkan potensi siswa dalam menggunakan pengetahuan dan teknologi (SKL)
- Mengembangkan kemampuan olahraga, dan seni yang tangguh dan kompetitif (SKL)
- Mengembangkan kemampuan KIR, Lomba Ketrampilan Siswa yang kompetitif (SKL)
- Menciptakan lingkungan sekolah yang aman, rapi, bersih, dan nyaman (Standar Sarana)
- Mewujudkan fasilitas sekolah yang interaktif, relevan dan berbasis IT (Standar Sarana)
- Memanfaatkan dan memelihara fasilitas untuk digunakan dalam proses pembelajaran (Standar Sarana)
- Memiliki tenaga guru bersertifikat profesional dan memiliki sertifikat keahlian (Standar Ketenagaan)
- Mengembangkan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (Standar Ketenagaan)
- Menyelenggarakan manajemen berbasis sekolah (Standar Pengelolaan)
- Mengoptimalkan peran komite sekolah sebagai mitra kerja sekolah (Standar Pengelolaan)
- Menumbuhkan semangat budaya mutu secara intensif (SKL)
- Mewujudkan pengelolaan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar dan adil (Standar Pembiayaan)
- Mengoptimalkan peran masyarakat dan membentuk jejaring dengan stakeholder (Standar Pengelolaan)