MELATIH KEDISPILINAN DAN CINTA ALAM MELALUI KEGIATAN PERSAMI.

Persami adalah singkatan dari Perkemahan Sabtu Minggu. Sesuai dengan namanya, Persami dilaksanakan pada hari Sabtu hingga Minggu dengan mendirikan tenda dan api unggun untuk menimbulkan suasana berkemah yang sebenarnya.

Tanggal 27-28 Januari 2024 EKTRA PRAMUKA SMK AL-MUNAWWARIYYAH mengadakan kegiatan Persami, lokasi persami dibagi menjadi 2 tempat lokasi siswa putra berada di selatan prakiran guru dan lokasi persami siswa putri berada di halaman SMP Al-Munawwariyyah .
kegiatan diawali dengan upacara pembukaan dan sambutan dari Waka Kurikulum Bpk. Zainul Mustofa, M.Pd. kemudian dilanjunkan dengan lomba-lomba keterampilan antara lain Tali temali atau pionering, Sandi Morse dll.

Rangkaian kegiatan dalam Persami selanjutnya adalah:

  1. Lomba
    Setelah menghadiri upacara, para siswa biasanya dibagi menjadi beberapa Sanggah. Setiap sanggah harus diwakili minimal 3 orang untuk berpartisipasi dalam lomba yang diadakan oleh Dewan Ambalan.
    Ada berbagai macam lomba yang diadakan Pionering, Sandi Morse, dan Lomba Baris Berbaris.
  2. Mendirikan tenda
    Jika seluruh aktivitas telah selesai dilaksanakan, setiap sanggah akan mendirikan tenda. Tenda itulah yang akan menjadi tempat mereka untuk menyimpan barang-barang pribadi dan tempat beristirahat di malam hari.
    Mendirikan tenda bukanlah hal yang mudah, dibutuhkan kerja sama antara anggota sanggah agar tenda dapat berdiri dengan benar dan cepat.
  3. Api unggun
    Api unggun dilaksanakan pada pukul 09.30 diawali dengan apel api unggun dan kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Maulid diba’ di lokasi api unggun Putra dan materi kesehatan dilokasi putri. Selama kegiatan tersebut masing-masing sanggah juga menampilkan yel-yel yang telah disiapkan sebelumnya. Kegiatan api unggun umumnya menjadi kegiatan Persami yang paling dirindukan.
  4. Jelajah Medan
    Di hari Minggu, kegiatan dimulai dengan sarapan dan dilanjutkan dengan Senam Pagi kemudian melaksanakan jelajah medan untuk rute putra mengambil rute barat pondok pesantren al munawwariyyah yaitu ke utara sampai jembatan belok kiri dan sampai lagi ke lokasi kemah putra. sedangkan untuk rute putri melalui rute timur keluar melalui pintu kantor pondok dan ke arah timur melalui perumahan dan kembali masuk melalui pintu kantor pondok, selama kegiatan berlangsung siswa terlihat senang dan ceria.

Manfaat Kegiatan Persami memiliki banyak manfaat bagi siswa yang mengikutinya. Beberapa manfaat Persami adalah:

  • Melatih kemandirian.
  • Melatih kedisiplinan
  • Melatih kerja sama dan gotong royong dengan sesama anggota kelompok.
  • Meningkatkan kepedulian terhadap sesama.
  • Belajar mencintai alam.
  • Melatih kepemimpinan dan kreativitas.
  • Belajar berorganisasi.
  • Belajar bertanggung jawab.
  • Melatih sportivitas.
  • Mempererat tali persahabatan.

kegiatan persami ditutup pada pukul 11.00 oleh pembina pramuka, besar harapan kegiatan persami memberikan pengalaman yang baru bagi siswa dan siswa memiliki sikap yang disiplin dan tanggung jawab dalam setiap kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *